Beberapa Hal Tentang Gerhana Matahari 2016

SAGOE TUNONG - Apakah yang pikirkan jika anda melihat bulan atau matahari tiba - tiba tertutup sesuatu yang bisa membuat langit menjadi hitam dan gelap? mungkin itulah yang dapat disebut Gerhana. Disini saya akan membahas tentang Beberapa hal tentang gerhana 2016 , untuk menambah wawasan tentang peristiwa yang sangat identik dengan banyak mitos ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Gerhana Matahari 2016


Banyak mitos yang membahas tentang gerhana , karena peristiwa ini merupakan sesuatu yang agak aneh meski banyak orang menganggapnya sebuah kejadian unik dan langka . Ditahun 2016 peristiwa gerhana matahari terjadi pada tanggal 9 maret mendatang yang bisa disaksikan dengan jelas dibeberapa tempat di indonesia. Dari pusat studi Astronomi Ahmad Dahlan Yogyakarta dapat menyimpulkan beberapa hal tentang gerhana matahari 2016.

   1.  Matahari terlihat sama besar dengan Bulan


Gerhana matahari ialah ketika posisi bulan terletak antara matahari dan bumi sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Namun piringan bulan dan matahari yang nampak oleh mata kita besarnya hampir sama, yaitu setengah derajat . Hal ini karena matahari terletak sekitar 400 kali lebih jauh dari bulan .


   2. GMT lintasi 12 Provinsi di indonesia

Jalur totalitas gerhana membentang dari samudera hindia hingga utara kepulauan Hawaii - Amerika Serikat . Jalur gerhana itu melebar hingga 155 - 160 Km dan terentang jauh 1200 - 1300 Km , yang kali ini melewati 12 provinsi . Provinsinya yaitu sumatera barat , bengkulu , jambi , sumatera selatan , dan bangka belitung. Selain itu Provinsi dari Kalimantan (bukan kalimantan utara) , sulawesi barat , sulawesi tengah , dan maluku utara juga dilintasi. Namun hanya beberapa tempat saja yang bisa disaksikan dengan jelas dari daerah - daerah ini.

    3. Pemerintah Membentuk Panitia Nasional

Hal yang wajib kamu ketahui tentang gerhana matahari 2016

Bagi sebagian orang peristiwa gerhana matahari 2016 ini ialah kesempatan untuk mencari wawasan atau penelitian yang lebih mendalam lagi tentang kejadian yang sangat jarang terjadi dan langka yang ingin mempelajari kejadian benda langit semacam ini . Masyarakat mulai paham dan tak lagi ditakutkan dengan mitos - mitos terdahulu .

    4. Maluku Utara Merasakan Waktu Yang Lama Untuk Menyaksikan Gerhana



Jika dinilai dari Data Statistik Dari NASA , wilayah yang paling lama merasakan gerhana matahari ini akan merasakan waktu sekitar 3 menit 20 detik . lebih lama satu menit dari tempat lain di indonesia.

 5. Daerah Lintasan GMT di dunia

Daerah Lintasan GMT Gerhana Matahari 2016

Lintasan Gerhana Matahari 2016

Gambar diatas ialah peta lintasan Gerhana Matahari yang melintasi daerah - daerah di indonesia . Wilayah yang berada diantara garis berwarna  biru ialah wilayah yang akan mengalami waktu gerhana matahari , sedangkan garis yang berwarna merah ialah daerah yang akan mengalami waktu yang paling lama untuk melihat gerhana . Adapun garis interval kuning kecil - kecil tersebut ialah daerah yang mengalami waktu maksimun sekitar 10 menit .

6. GMT Terlihat Dengan Jelas Di Pulau Jawa di tahun 1983

Pada tanggal itu siang hari terasa seperti malam yang gelap gulita , seperti malam hari terlihat lebih cepat terjadi . Dimasa itu gerhana matahari total terjadi di indonesia (GMT) . Banyak dari sudut kota manapun dipulau jawa dapat melihat dengan jelas kejadian ini . Uniknya terdapat juga tayangan hewan yang sedang kebingungan saat gelap terjadi begitu saja seperti malam datang dengan tiba - tiba .

7. Paket wisata GMT untuk melihat kejadian bertebaran 

Kapal pesiar asal Perancis, Ponant yang bernama Le Soleal menawarkan paket wisata GMT pada 9 Maret mendatang. Dikutip dari BANGKA POS, kapal ini akan berlayar melintas sejumlah pulau di tanah aiar terutama ke Ternate dan Tidore dan Taman Laut Bunaken. Kapal pesiar hanya membawa sebanyak 264 penumpang dan merekalah yang akan menjadi saksi GMT di kapal pesiar .

8. Tabel waktu Gerhana di Indonesia dan Negara - Negara Di Dunia

Tabel Waktu Gerhana Matahari 2016
  
 9. Wilayah Yogyakarta hanya mengalami gerhana matahari Sebagian

Yogjakarta mengalami Gerhana sebagian di tahun 2016

Ini terjadi karena di wilayah yogyakarta berada dibagian selatan pada totalitas gerhana . Tapi tidak usaha khawatir bagi yang tinggal di kota ini karena masih bisa menikmati pemandangan ini . Matahari akan tertutup sekitar 81.67% dan akan bisa dilihat pada pukul 06.20 , pada pukul 07.23 gerhana akan berada pada posisi tertutup sebagian , kemudian berakhir pada pukul 08.35 .


Demikian pembahasan Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Gerhana Matahari 2016 semoga dapat menjadi referensi anda dalam mencari wawasan tentang kejadian yang sangat menghebohkan ditahun 2016 ini . 



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon