Cara Mempercepat Kembali Performa Android Yang Melambat

Sagoe Tunong - Di zaman modern yang seperti sekarang ini, semua orang sudah menggunakan Android sebagai perangkat mobile nya. Begitu pentingnya benda tersebut sehingga digunakan dimanapun dan kapanpun seseorang berada karena hampir semua keinginan seseorang terhadap teknologi zaman ini bisa tertutupi dengan perangkat yang berlambang robot ini.

Cara Mempercepat Kembali Performa Android Yang Melambat 

Namun, seiring berjalannya waktu fisik yang melambat akibat termakan waktu, penggunaan android yang berlebihan dan sering dapat menyebabkan penurunan daya suatu perangkat. Jika ini telah terjadi, anda pasti kepikiran kenapa android bisa melambat dan bagaimana cara meningkatnya kembali. Untuk itulah saya akan memberikan cara mempercepat kembali performa android yang melambat.

Hapus atau Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Android merupakan salah satu perangkat yang memberi banyak kemudahan bagi penggunaannya, salah satu bisa mendownload banyak aplikasi gratis. Anda pasti akan selalu mendownload aplikasi yang anda perlukan tanpa disadari banyak aplikasi yang terjalankan merupakan salah satu penyebab melambatnya sebuah perangkat mobile seperti android. Hapuslah jika aplikasi tersebut tidak diperlukan lagi, selain menghemat ruang penyimpanan anda sudah melakukan peningkatan pada smartphone kesayangan anda.

menghapus aplikasi yang tak dibutuhkan 

Mungkin kita seringkali penasaran dengan banyak aplikasi pada playstore contohnya game atau beberapa aplikasi canggih lainnya sehingga kita mendownloadnya sebagai koleksi tanpa kita sadari memenuhi ruang penyimpanan pada android yang bisa membuat aktifitas multitasking atau menjalankan aplikasi lainnya semakin melambat. Apalagi banyak program yang tidak kita sadari berjalan sendiri dilatar belakang perangkat, banyak aplikasi yang terunduh dengan sendirinya saat kita melakukan browsing di internet karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Anda dapat menggunakan manajer aplikasi yang ada di dalam pengaturan atau tekan icon aplikasi yang ada di home screen atau app drawer beberapa detik, setelah itu anda bisa menariknya ke pilihan uninstall.

Bersihkan Cache pada Data

Apakah anda tahu apa itu cache, bagaimana kegunaannya pada android kita, baik akan saya jelaskan secara detail. Cache ialah sebuah sebuah sistem pada browser yang dapat meningkatkan kinerja perangkat. Cara kerjanya dengan menyimpan secara lokal maka sistem dapat mengurangi waktu loading dan mengurangi kebutuhan mengambil bit yang sama dari internet setiap kali Anda mengakses situs web atau aplikasi.

menghapus cache pada android 

 Selain kegunaannya yang baik pada android, cache juga dapat memberikan efek yang tidak baiknya pada android dan ini yang perlu diperhatikan. Banyaknya cache yang menumpuk dan mengurangi ruang penyimpanan salah satunya. Untuk menghilangkannya anda dapat mendownload aplikasi pembersih ruang data pada playstore seperti claen master dan lain - lain.

Menghemat ruang penyimpanan Internal

Kita sering mengisi ruang penyimpanan internal dengan data seperti foto, video, dan banyak mp3. Gunakan hal ini dengan bijak seperti rapikan dan simpan saja aplikasi atau item - item yang diperlukan saja. Penghematan ruang internal disk pada android merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja android anda.

Hilangkan Widget dari Layar Utama

Anda sering melihat pada layar utama android anda beragam fitur widget seperti perkiraan cuaca suhu dan sebagainya. Tahukah anda bahwa widget yang berjalan di android merupakan fitur yang paling bisa untuk menguras daya baterai android. Anda boleh menggunakan widget yang diperlukan seperti kalender dan hilangkan saja jika ada widget lainnya yang tidak diperlukan.

menghilangkan widget pada android
Widget pada layar utama android





 

Buang Live Wallpaper pada perangkat 

Live Wallpaper merupakan fitur unik dan memperindah tampilan jika ditempatkan pada android kita, tapi perlu anda ketahui bahwa penggunaannya juga dapat memakan Ruang pada RAM dan kinerja pada CPU yang sangat tinggi dan juga terpengaruh dengan daya baterai yang mudah cepat habis. Memang hal seperti ini bukan masalah dengan android yang berspesifikasi tinggi. Namun dengan Spesifikasi kategori pas - pasan tentu sangat menggangu aktifitas perangkat ini. Anda juga bisa menggunakan fitur ini tanpa mengganggu kinerja android dengan meminimalis kecarahan layar pada wallpaper dan pilihlah live wallpapaer yang tergolong ringan.

Selalu memperbarui aplikasi pada perangkat

Seringkah anda mengabaikan perintah pembaruan aplikasi pada smartphone android anda. Mungkin alasan anda untuk mengabaikannya karena anda tidak cukup kuota internet dalam melakukannya. Pembaruan software tidak selalu melulu membawa fitur baru, kebanyakan dari pembaruan OTA adalah memperbaiki bug dan menningkatkan kinerja perangkat Android. Jadi, pastikan perangkat Anda selalu mendapatkan software yang terbaru.

Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik 

Jika anda telah melakukan beberapa tahap diatas tapi tidak juga menemukan adanya perubahan yang masih saja membuat android kesayangan anda melambat berarti anda patut mencoba cara terakhir yang saya berikan yaitu dengan mengembalikan pengaturan ke pabrik atau factory data reset. Melakukan reset pada perangkat Android akan menghapus seluruh data pada perangkat, termasuk aplikasi, kontak, dan lain-lain. Jadi, pertimbangkan kembali jika Anda ingin melakukan factory data reset.

Mengembalikan ke pengaturan pabrik
Cara mengembalikan ke pengaturan pabrik pada android
Demikian pembahasan mengenai Cara Mempercepat Kembali Performa Android Yang Melambat. Artikel ini dapat anda jadikan patokan untuk menambah pengetahuan anda dan semoga bermamfaat untuk anda yang menggunakan android sebagai perangkat mobile pribadi anda terimakasih.



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon