Cara Melindungi dan Menjaga Komputer Dari Serangan Virus

Sagoe Tunong - Virus Komputer ialah sebuah program yang dirancang untuk merusak atau meretas isi data didalam sebuah komputer, program ini bisa juga menggangu kinerja komputer, dan yang paling membahayakan lagi, selain bisa untuk menghilangkan data - data penting yang ada di komputer atau laptop kita, virus ini juga bisa untuk merusak hardware dan komponen - komponen perangkat penting  di dalam sebuah komputer lainnya.

http://www.sagoetunong.id/2016/03/cara-melindungi-dan-menjaga-komputer-dari-serangan-virus.html

Virus ini dapat menyebar melalui perangkat yang digunakan untuk mengirim data dari komputer satu ke komputer lainnya seperti Flashdisk, Harddisk, Memory Card dan perangkat lainnya. Namun sekarang ini, internet sangat berpengaruh dalam penyebaran virus yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjangkiti suatu perangkat komputer. Proses penyebaran virus melalui internet ini ialah dengan meletakkannya pada suatu situs yang sedang kita kunjungi pada saat kita sedang online atau browsing dengan menggunakan web browser. Tanpa kita sadari pada saat kita melihat iklan pada situs tersebut produk software dan salah mengkliknya, padahal niat kita ingin mengclose iklan tersebut namun yang terjadi malah membukanya. Dan itu akan menyebabkan suatu program akan terinstal sendiri tanpa terdeteksi melalui web browser anda dan melakukan proses tanpa diketahui oleh kita sebagai pengguna. Setelah itu dia memperbanyak diri dan menyebar di file - file yang ada didalam komputer kita dan menghentikan program penting yang ada di dalam komputer kita seperti windows explorer dan lain - lain sehingga membuat komputer anda menjadi lambat prosesnya dan bisa jadi hang atau terhenti proses komputernya.

Bagaimana cara kita melindungi dan menjaga komputer dari serangan virus ?

Dalam pergerakannya virus sering tidak terlihat oleh penggunanya karena dia bisa juga menghide dirinya dalam sebuah file dan bisa jadi tidak terlihat dan terdeteksi dimanapun, dan hanya bisa dilihat pada windows task manager proses file yang berjalan. Sangat sulit dalam menghilangkannya jika virus komputer telah masuk kedalam perangkat komputer yang bisa menghentikan proses - proses software lainnya. Untuk iulah hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjaga komputer dari serangan virus ialah dengan menginstal software pendeteksi virus atau bisa juga disebut antivirus. Lebih lengkapnya bisa kita lihat langkah - langkahnya sebagai berikut :

Langkah - Langkah Melindungi dan Menjaga Komputer dari Serangan Virus

1. Menginstal Antivirus

Jika anda telah membeli sebuah komputer atau laptop baru, maka di dalamnya belum ada sofware anti virus, untuk itulah saya menyarankan anda untuk segera menginstal sebuah anti virus yang asli alias bukan bajakan. Saya merekomendasikan smadav sebagai anti virus yang cocok buat anda karena situs ini ialah situs dari negara kita indonesia. Selain itu smadav bisa mendeteksi berbagai macam virus terbaru seperti trojan, worm, dan lain - lain. Jika anda ingin memasang software ini pada komputer anda bisa langsung mendownloadnya disini - Download Smadav yang resmi dan berstatus pro. Karena jika anda telah mendapatkan software yang Pro (yang dijual), anda lebih terlindungi dari virus dengan pendeteksian dari bermacam - macam virus yang ada pada saat ini. Jangan lupa untuk tetap mengupdate ke versi terbaru untuk lebih melindungi dan menjaga komputer dari virus terbaru.

2. Selalu Mengupdate Web Browser (Mozilla, Google Chrome) ke Versi Terbaru

Langkah ini memang sangat dibutuhkan untuk menghindari penyebaran virus ke komputer kita, karena kita tidak tahu pada saat melakukan browsing menggunakan internet, ada banyak situs yang menerapkan program penginstal tanpa kita sadari mereka menginstal sesuatu pada komputer kita, bisa jadi di dalamnya virus untuk mencuri data informasi penting pada komputer kita. Jika kita selalu mengupgrade web browser pada komputer kita, maka kita bisa lebih aman dalam berselancar di internet. Karena web browser pada dasarnya juga bisa mendeteksi situs yang mengandung malware atau program berbahaya yang telah disisipkan ke dalam situs untuk mengelabui pengunjungnya. Untuk cara mengupdate browser bisa anda dilihat pada langkah mengupdate browser Google Chrome
dan untuk yang menggunakan browser Mozilla bisa anda lihat di Langkah mengupdate Mozilla Firefox.

3. Mengetahui Jenis - Jenis Virus Terbaru

Langkah ini juga anda butuhkan dalam menjaga komputer dari virus, karena setiap hari orang yang tidak bertanggung jawab selalu membuat virus - virus terbaru hanya untuk kepentingan pribadi. Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dengan membaca di blog atau website yang mempunyai informasi tentang virus terbaru disini

4. Melakukan Penyaringan Lampiran Spam di Email

Semua orang yang suka menggunakan internet pasti mempunyai akun email, karena email berguna untuk membuat akun yang kita perlukan seperti media sosial, untuk sarana mendapatkan pesan dari orang yang kita kenal dan lain - lain. Namun, tahukah anda virus dapat juga bergerak masuk ke komputer kita melalui akun email ini. Karena banyak pesan yang mempunyai unsur spam dalam inbox Email yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan dari sebuah situs. Ini akan sangat berbahaya jika kita tidak memperdulikannya, karena bisa jadi pada saat kita membuka pesan dan lampiran dari email tersebut memiliki virus yang otomatis terupload ke komputer kita.


Memang banyak cara yang bisa kita lakukan dalam melindungi dan menjaga komputer dari serangan virus yang dapat merusak komputer. Namun jika anda telah melakukan tahapan yang saya berikan pada artikel diatas, berarti anda sudah bisa membuat komputer atau laptop anda aman dari serangan virus. Demikian pembahasan artikel dari saya yang singkat, namun jika anda memamfaatkannya dengan baik bisa menjadi referensi anda dalam menghilangkan virus dari komputer, Terimakasih



1 komentar:

Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Balas

Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon