Hati - Hati Jangan Bagikan Informasi Ini Di Facebook

Sagoe Tunong - Facebook merupakan media sosial yang sangat diminati oleh pengguna kalangan dunia maya. Situs ini merupakan yang kedua terbanyak setelah Google yang menepati urutan pertama dalam situs yang paling banyak dikunjungi. Semua orang dapat membagikan foto, status, atau file lainnya dan berkenalan dengan banyak orang dengan menggunakan media sosial yang diciptakah oleh Mark Zuckerberg ini.

Jangan Bagikan Informasi ini Di Facebook

Banyak orang yang menggunakan facebook secara tidak langsung ingin membagikan apa saja mengenai informasi pribadinya, apa yang dilakukan sehari, bahkan mencurahkan segala isinya di media sosial yang berlogo warna biru tersebut.

Situs media sosial ini banyak dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menggelabui pengguna lainnya seperti awalnya berkenalan kemudian menjalani hubungan dekat hingga pada akhirnya menjurus ke pemerkosaan , pembunuhan hingga hal kejadian yang tak di  inginkan lainnya.

Informasi di facebook yang dibagikan pengguna seperti foto keseharian dengan orang terdekat, status pribadi, tempat tinggal, Email, hingga nomor telepon, dengan tujuan hanya untuk dapat diakses dan di lihat oleh orang yang dikenal dan orang yang berpengaruh dalam hidupnya, hingga tak pernah mengira informasi yang dia bagikan ini dapat juga di akses oleh orang yang tidak dikenal dan juga orang yang mempunyai niat buruk terhadapnya.

Karena itulah anda harus berhati - hati dalam membagikan informasi yang dapat di akses semua orang, dan sebaiknya anda jangan membagikan beberapa hal ini di facebook jika tidak ingin terjadi hal yang seperti saya bahas di atas. Berikut ulasannya :


Baca Juga

 Nomor Telepon / Ponsel

Jika anda ingin mempublikasi data tersebut secara umum di facebook, berarti anda siap jika telepon genggam anda berdering karena panggilan dari orang yang tak dikenal. Melakukan cara ini sama juga dengan memberikan nomor ponsel untuk semua orang di facebook untuk semua pengguna termasuk orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini dapat memunculkan kejahatan atau kriminal terhadap korban oleh orang yang tidak bertanggung jawab dari sekian banyaknya pengguna di facebook. Karena dengan nomor telepon seseorang seperti peretas (hacker) dapat melacak keberadaan pengguna.

Reza Moaiandin ialah seseorang yang meneliti bidang keamanan mengungkapkan, ia tidak butuh nomor lengkap untuk melacak laman facebook seseorang, hanya dengan mengetahui beberapa akhir dari nomor telepon dia mencari laman facebook yang dia inginkan.

Alamat Rumah

Membagikan alamat rumah di facebook dapat juga berpotensi menimbulkan kejadian yang tidak di inginkan. Contohnya pada saat anda membagikan status berupa foto atau konten lainnya, anda mungkin hanya berniat untuk membagikan kegiatan anda pada pengguna facebook lainnya. Namun, penguntit juga tahu apa yang anda lakukan mengenai kegiatan sehari - hari dan juga dapat mengakses alamat anda sehingga dengan mudah orang - orang seperti ini dapat tahu lokasi anda sebenarnya.

Pekerjaan

Anda juga harus berhati - hati dalam memberikan akses ke semua orang untuk melihat data mengenai pekerjaan anda. Hal ini dapat memungkin orang yang tidak suka terhadap anda bisa berbuat kejahatan seperti meretas atau membuat kerusakan pada sistem kantor dimana anda bekerja.

Data mengenai pekerjaan yang dipublikasikan mengenai pekerjaan yang ingin diretas orang yang tidak bertanggung jawab dapat menimbulkan resiko terkena dampak dari pencurian data atau peretasan. Ada baiknya jika anda membagikan informasi ini untuk orang yang dekat dengan anda dan lebih baik lagi jika anda tidak mempublikasikan hal ini ke siapapun

Status Hubungan

Meningkatnya kebiasaan orang membagikan status hubungan pribadinya membuat perkembangan sosial media kian masif. Anda seharusnya berpikir dulu sebelum memberikan akses untuk semua orang di facebook untuk informasi ini.

Karena jika tidak diubah, hal itu bisa di mamfaatkan oleh situs - situs ilegal yang bertopik kencan dalam memberikan koneksi dunia maya yang romantis.

Maksudnya adanya penipuan berupa iklan atau seseorang yang mengajak anda berkencan namun pada akhirnya di rayu dengan sangat lembut oleh para pelaku untuk mengeluarkan duit agar dapat memenuhi keinginan korban untuk menjalin hubungan dekat, setelah mendapatkan uang mereka akan menghilang dan tidak meninggalkan jejak sedikitpun. Dan pada saat itulah korban baru tahu kalau dirinya telah terkena dampak penipuan.

Untuk itulah anda disarankan untuk segera menghapus informasi ini di facebook untuk mencegah terjadi kejadian yang dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi Keuangan

Facebook merupakan satu dari sekian banyak situs sosial media yang memberikan akses gratis untuk penggunanya, terkadang situs ini juga meminta informasi mengenai informasi keunagan untuk syarat membuat profil anda menjadi lengkap. Saran saya anda jangan mengisikan informasi tersebut.

Itu karena kecanggihan teknologi yang dapat memungkinkan peretas atau hacker dapat mencuri informasi keunagan contohnya data kartu credit yang dapat dimamfaatkan untuk membobol uang yang di dalamnya.

Demikian artikel ini saya paparkan untuk mencegah anda dimamfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kejahatan dapat terjadi dimana saja, termasuk di dunia maya. Untuk itu anda perlu tahu untuk tidak membagikan informasi ini di facebook jika tidak ingin menjadi korban penipuan atau kejahatan yang sangat berbahaya lainnya.



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon