Ternyata INDONESIA Sampai Saat Ini Masih Bekerja Sama Dengan ISRAEL

Sagoe Tunong - Indonesia yang merupakan salah satu negara muslim terbesar di dunia harusnya lebih memerhatikan saudara seagama yaitu Palestina yang masih berperang melawan negara Israel sebagai negara Zionis yang merupakan musuh nyata bagi kaum muslim.

Ternyata INDONESIA Sampai Saat Ini Masih Bekerja Sama Dengan ISRAEL - Sagoe Tunong


 Namun tahukah anda ternyata Indonesia diam - diam pernah melakukan hubungan kerjasama dengan negara yahudi tersebut dari zaman presiden Soekarno - Soeharto sampai dengan saat ini ? Apakah indonesia tidak lagi memerhatikan palestina yang sedang terjajah dan secara tidak langsung membantu Israel mendapatkan dana yang lebih besar untuk membeli keperluan perang dengan melakukan kerjasama di bidang perdagangan sampai dengan saat ini. Pada saat itu indonesia masih diam - diam melakukan hubungan dengan negara islam karena citranya sebagai negara islam, namun pada saat presiden Abdurrahman Wahid menjabat hubungan resmi antar keduanya sudah bisa terwujudkan.

Hubungan Kedua Negara yang Terfokuskan Melalui Perdagangan Makanan, Furnitur dan Bahan - Bahan Teknologi

Informasi ini semakin mencuat dikarenakan adanya narasumber bernama Emannuel Shahaf yang merupakan salah satu pengusaha asal israel yang sering berhubungan dengan indonesia. Dia pun mengatakan bahwa hubungan dagang ini mungkin tidak akan pernah terputus lagi, apalagi Indonesia meraup untung yang sangat besar dari kerjasama ini. Berdasarkan survey dari salah satu organisasi pada tahun 2008, nilai ekspor indonesia ke israel meningkat tajam dan sudah mencapat 800 juta USD. Indonesia mengirimkan produk unggulannya seperti bahan makanan dan furnitur sedangkan negara zionis israel memasarkan barang - barang teknologi seperti processor, handphone dan barang - barang canggih lainnya.

Tidak lagi, tidak akan terjadi. karena tidak mungkin lagi pemboikotan dilakukan untuk mengontrol hubungan perdagangan secara langsung, kecuali produk biasa dan tertentu saja. Tegas Emannuel.
Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar, dan bagi masing - masing negaramemiliki kecocokan berdasarkan kebutuhan ekonomi. Kami punya yang dibutuhkan indonesia dan begitu pula sebaliknya.

Melalui wartawan Merdeka.com mereka melakukan wawancara dengan Emannuel Shahaf selaku pengusaha Israel dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada narasumber berdasarkan hubungan yang telah dilakukan selama ini.

Coba anda jelaskan hubungan ini mulai terjalin antar kedua negara tersebut ?

Hubungan ini sebenarnya sudah terjadi pada tahun 1970 pada saat presiden Soeharto masih menjabat melalui seorang pebisnis israel yang bernama Shaul Eisenberg. Awalnya kesepakatan ini hanya untuk menjaga progres keamanan namun hingga berlanjut ke ekspor bahan alam seperti batu bara ke negara Israel



Berapa biasa yang bisa didapatkan Indonesia melalui aktifitas Ekspor?

Ditahun 2008, nilai perdagangan yang didapatkan dari hasil aktifitas kedua negara tersebut berkisar 900 juta Dolar, Indonesia mendapatkan 800 juta dolar dari hasil ekspornya sedangkan Israel menggenggam 100 juta dolar dari ekspornya ke pasar indonesia. Untuk sekarang nilai sudah mulai menurun dan semua aktifitas ini didominasi sebesar 80 persen oleh pengaruh dari pihak negara ketiga.

Komoditi Apa saja yang menjadi kerjasama antar keduanya ?

Indonesia mengirimkan bahan makanan dan bahan furnitur ke Israel, dan Israel mengirimkan bahan - bahan teknologi, telekomunikasi, alat keamanan, alat agrikultural dan jasa konsultasi.

Apakah Mungkin pada suatu saat indonesia akan mengakhiri hubungan kerjasamanya dengan israel ?

Tidak, tidak akan terjadi. Karena tidak mungkin mengontrol perdagangan secara keseluruhan dan pemboikotan hanya bisa dilakukan pada barang - barang tertentu saja dan tidak bisa dilakukan secara langsung karena harus mendapatkan izin dari pihak ketga. 

Bagaimana Israel melihat Indonesia sebagai pasar dalam hal komoditi perdagangan ?

Israel selalu melihat indonesia sebagai negara pangsa besar dan menarik, keduanya memiliki kecocokan dalam hal kebutuhan ekonomi seperti Indonesia membutuhkan apa yang disediakan oleh Israel dan begitu pula sebaliknya.

Siapakan yang memberi keuntungan lebih besar diantara hubungan perdagangan yang dilakukan Indonesia dan Israel ?

Hubungan dengan Israel akan sangat menguntungkan bagi mereka (indonesia). Indonesia akan mendapatkan bahan - bahan teknologi yang membuat mereka semakin mapan karena dari hasil keberanian kami dalam mengambil resiko. Hal ini akan membuat hubungan kita (Israel) dengan negar muslim menjadi semakin baik mengingat kejadian yang terjadi di timur tengah. Israel akan mencapai tujuan utamanya untuk mendapatkan pelanggan dari barang yang telah mereka pasarkan dan Indonesia akan mendapat mamfaat dalam membangun ekonomi yang semakin maju dengan adanya alat teknologi khususnya di sektor bidang pertanian.

Sampai dengan saat ini, apakah ada usaha diantara kedua negara untuk mencoba menjadi hubungan lebih jauh ?

Kedua negara sangat sedikit mengambil tindakan terkait hal ini. Indonesia tidak berniat untuk mengakui hubungan kerjasama ini secara langsung. Israel pernah mencoba membuat pendekatan terhadap indonesia terkait perantara swasta. Tetapi pemerintah Indonesia seperti tidak mendukung terkait usaha ini dan terkesan tertutup. Harga Visa bisnis untuk setiap masuk ke indonesia sebesar 750 Dolar USD seakan ingin menutupi langkah kami dalam melakukan perdagangan lebih jauh lagi, memang harga tersebut tidak berpengaruh terhadap pebisnis kalangan atas namun hal tersebut seakan tidak mungkin untuk kalangan bawah dan menengah.

 Apa keuntungan yang didapat oleh indonesia jika hubungan secara resmi bisa terjalin ?

Ini akan membuat hal menjadi lebih mudah untuk indonesia, bisnis akan membooming, rakyat tidak akan takut jika ingin mengatakan hal kepada Israel, dan wartawan akan ingin sekali menanyakan bagaimana hubungan penting Indonesia - Israel.

Kesimpulan 

Indonesia pada dasarnya ingin melakukan hubungan dengan israel secara mendalam, karena pamornya sebagai negara muslim dan kemarahan rakyat jika tahu hubungan ini jika diresmikan. Hal tersebut yang ingin membuat Indonesia kucing - kucingan dalam melakuakan kerjasama dan tidak dalam kata resmi. Indonesia saat ini hanya bicara kosong saja terkait hal yang menimpa saudara kita yang ada di palestina tanpa melakukan usaha yang nyata. Hal ini mungkin disebabkan Pemerintah Indonesia takut melawan Israel umtul melakukan perlawanan untuk membebaskan palestina dan melakukan pendekatan untuk melaksanakan hubungan kerjasama.



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon