Tips Untuk Menjaga Keamanan Smartphone

Sagoe Tunong - Pada era serba canggih dan modern seperti saat ini, Smartphone telah menjadi suatu alat yang sangat dibutuhkan untuk mencakup semua yang dibutuhkan oleh penggunanya. Kemampuan dari smartphone ini sudah semakin lengkap dengan menggabungkan antara dua perangkat yaitu komputer dan mobile yang telah memenuhi penggunanya untuk mengakses informasi dan memenuhi semua keinginan dengan cepat dan mudah bagi orang yang sibuk dalam pekerjaannya sehari - hari.

Tips Untuk Menjaga Keamanan Smartphone

Seiring dengan mudah akses ke layanan yang diperlukan melalui internet, keamanan terhadap suatu smartphone dapat terganggu kapan saja dan dimana saja. Untuk itu Sagoe Tunong akan memberikan tips untuk menjaga keamanan smarphone untuk bisa mencegahnya dengan beberapa cara yang saya dapat dari guru teknologi kita yaitu google, berikut tipsnya :

1. Mengunci layar smarphone


Jika diibaratkan smartphone yang tidak terkunci layarnya seperti halnya rumah anda dengan pintu yang terbuka. Kamu mungkin tidak ingin hal ini terjadi bukan?, karena jika pintu rumah kita terbuka siapa saja dapat masuk dengan mudah dan berbuat sesuai keinginan orang tersebut.

Begitu juga jika smartphone kesayangan kita tidak terlindungi dengan layar yang terkunci, jika dipegang oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka bisa saja orang tersebut bisa mencuri informasi penting termasuk juga mengenai privasi anda.

Itulah yang langkah pertama yang paling penting untuk menjaga keamanan smartphone. Caranya dapat dilakukan sesuai dengan sistem operasi yang tertanam di dalam smartphone tersebut, anda bisa membuat password berupda kode, pola, dan lainnya agar membuat smartphone tetap aman.

2. Hati - hati dalam memilih aplikasi untuk di download

Memang banyak aplikasi - aplikasi menarik bertebaran di internet, banyak yang gratis karena itulah yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Ada juga aplikasi premium yang diharuskan membayar setiap anda mendownload aplikasi tersebut. Namun anda perlu berhati - hati sebelum anda mencoba mendownloadnya.

"Untuk apa kita berhati - hati ?" karena banyak aplikasi yang didalamnya terdapat malware. Malware ialah suatu program yang berfungsi untuk mencari kelemahan suatu software. Tujuannya untuk merusak dan membobol sistem operasi yang tertera pada smarphone kita.

Banyak juga program berbahaya seperti adware sejenis iklan yang dapat membuat perangkat kita mendownload program tanpa sepengetahuan pemilik ataupun penggunanya hingga akhirnya dapat melemahkan dan membuat smarphone lambat dan tak berdaya. Dan begitupula program lain yang berbahaya seperti spyware dan lainnya.

Untuk itu kita perlu memahami tentang persyaratan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh penyedia aplikasi tersebut. Sebaiknya yang anda lakukan yaitu mendownload di Google PlayStore yang terjamin keamanannya.

3. Berhati - hati dalam menggunakan Wifi

Sistem jaringan Wifi yang terbuka dan saling menghubungkan antar satu perangkat dengan perangkat yang lain sering dimamfaatkan untuk penyalahgunaan untuk mencuri data tentang informasi pribadi. Untuk itu anda harus berhati - hati atau lebih baik tidak melakukannya seperti memasukkan Username dan password, melakukan transaksi banking, dan membuka situs yang berisi informasi rahasia tentang privasi lainnya.

4. Awasi dan beri bimbingan terhadap anak dalam menggunakan smartphone

Mungkin anak anda atau saudara lainnya yang masih di bawah umur membutuhkan instruksi dan pemahaman dari anda dalam menggunakan smartphone sebelum mereka layak untuk menggenggam perangkat itu sendiri. Misalnya anak - anak perlu di beri pengetahuan tentang situs apa saja yang layak untuk mereka kunjungi dan diakses, informasi apa saja yang layak untuk dibagikan kepada orang lain melalui internet, dan tujuan untuk memiliki password dengan baik.

Semua yang dilakukan bertujuan untuk mengingatkan mereka agar tidak sembarangan dalam memberi informasi terhadap orang lain. Seperti memberi informasi untuk orang yang tidak dikenal dalam berkomunikasi di internet.

Jangan lupa juag untuk mengingatkan anak untuk memberitahukan apabila ada pesan atau instruksi lainnya dari internet yang meminta informasi pribadi, dan berhati - hati terhadap program yang menurut anda terllihat membahayakan.

5. Mengaktifkan Android Device Manager

Tips yang terakhir ini sangat berguna untuk suatu saat anda kehilangan smartphone kesayangan anda. Karena langkah ini sangat berguna untuk melacak letak ponsel sebuah peta. Selanjutnya anda dapat menyembunyikan, mengunci, melakukan panggilan, dan menghapus informasi berupa file, video ataupun lainnya mengenai privasi tentang anda yang tidak ingin diketahui orang lain.



2 komentar

saya belum pernah menggunakan cara untuk Mengaktifkan Android Device Manager ini mas.
tentunya akan lebih aman bila udah diaktifkan ya mas.
terima kasih telah ngingetin,nanti akan saya coba

Balas

Sama - sama mas yanto ..
terimakasih atas kunjungannya .. lain kali saya yang main2 ke blog mas yanto ya . ? saya jamin hehe :)

Balas

Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon