10 Tips Mencegah Diabetes Dengan Mengontrol Gula Darah

Sagoe Tunong - Diabetes ialah suatu penyakit yang disebabkan oleh tingginya gula darah di dalam tubuh. Pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengosumsi makanan berkolesterol, kalori berlebih di dalam tubuh, malas berolahraga, dan tentunya banyak memakan makanan yang manis - manis sangat beresiko tinggi seseorang mengidap penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan ini.

http://www.sagoetunong.id/2016/04/tips-mencegah-diabetes-dengan-mengontrol-gula-darah.html


Sebelum anda berupaya untuk melakukan pencegahan, anda harus tahu dulu penyebab seseorang terkena diabetes, bagaimana efek yang ditimbulkan, dan harus tahu betapa bahayanya penyakit ini, karena sampai dengan saat ini Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan belum ditemukan obat yang secara pasti dapat menyembuhkan penyakit ini.

Pada tubuh yang normal jika ada makanan yang kita konsumsi mengandung gula yang berlebih dan tidak bisa lagi diserap oleh tubuh, adanya organ hati yang berfungsi untuk mengolah semua bahan sumber tersebut menjadi energi yang bisa digunakan manusia dalam beraktifitas sehari - hari. Semua itu karena peranan Insulin yang mengubah glukosa menjadi energi dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak makan makanan cepat saji yang juga sangat berbahaya bagi tubuh. Karena makanan cepat saji sangat sulit dicerna oleh tubuh, sedikit mengandung nutrisi, dan yang paling mengkhawatirkan ialah banyaknya lemak jahat dan kalori berlebih yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Jika hati tidak sanggup lagi memproduksi Insulin sebagai cairan pengubah gula menjadi energi maka zat gula akan beredar didalam darah dan dapat menganggu kinerja darah seperti sulitnya darah untuk mengentalkan diri seperti contoh orang yang menderita diabetes sangat berhati - hati dalam menjaga tubuhnya agar tidak terkena luka seperti goresan dan lecet sedikit pun, karena jika terjadi bisa saja luka tersebut tak kunjung sembuh dan malah menjadi infeksi yang berujung kepada pemotongan bagian tubuh yang telah terinfeksi.

Jika anda belum terkena penyakit yang tergolong mematikan ini, ada baiknya anda harus melakukan pencegahan, dan jika ada dari anda yang telah terjangkit penyakit ini, anda harus rajin mengontrol gula darah agar tidak berefek serius dan rumah sakit akan menunggu anda.

Berikut saya akan berikan tips untuk mencegah diabetes agar anda dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat walaupun telah terjangkit diabetes.


1. Tertawa

Mungkin banyak dari anda tidak percaya dengan fakta pertama yang saya ajukan untuk mencegah seseorang diabetes ialah tertawa. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang bahwa tertawa merupakan orang termurah untuk menjaga gula darah agar tetap sehat. Karena tertawa seakan menjadi pengganti Insulin dalam tubuh yang dapat membuat gula darah tetap terkendali. Tertawa bisa menghilangkan penyebab diabetes lainnya seperti Stress yang merupakan penyebab munculnya berbagai macam penyakit lainnya.


2. Banyak makan makanan yang mengandung susu

Susu yang rendah gula juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabates, karena susu laktosa, protein, dan lemak baik dapat memperlembat konversi dari gula makanan ke gula darah.


3. Selalu penuhi kebutuhan Magnesium

Walaupun zat magnesium tidak terlalu diperlukan oleh tubuh sehat dan normal pada umumnya, namun untuk tubuh yang terkena diabetes magnesium memiliki peranan penting dalam mengurangi resiko terkena diabetes. Bagi anda yang sedang melakukan pencegahan, Magnesium dapat berperan aktif dalam mengontrol gula darah tetap stabil juga bagi orang yang telah terkena diabetes. Zat ini dapat anda temukan pada buah seperti Alpukat, ikan, biji - bijian seperti kacang, dan sayur - sayurang hijau lainnya yang baik untuk tubuh.


4. Kayu Manis

Diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Pakistan, mengosumsi kayu manis bagi orang yang telah terjangkit diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula dalam darah sekitar 16 - 29 persen. Namun itu masih bergantung dengan jumlah kayu manis yang dikonsumsi.

Untuk anda yang masih terhindar dari penyakit ini, sering - seringlah konsumsi makanan yang mengandung kayu manis, ini akan berdampak baik untuk anda dalam melakukan pencegahan.


5. Istirahat yang cukup

Pada dasarnya istirahat memang sangat diperlukan tubuh setelah semua organ tubuh lelah dalam beraktifitas dalam meningkatkan metabolisme. Istirahat yang dianjurkan ialah 6 s/d 8 jam sehari membantu meningkatkan kebugaran bagi tubuh yang sehat dan normal.

Namun bagi tubuh yang sedang diserang diabetes, Istirahat sangat dibutuhkan karena tubuh butuh waktu dalam memproduksi Insulin yang digunakan sebagai pengontrol gula dalam darah. Jika tidur anda tidak cukup bagi anda yang menderita diabetes, maka bersiaplah anda akan merasakan lemas yang luar biasa karena gula darah akan meningkat drastis.

BACA JUGA

6. Hindari Lemak jenuh

Hasil survey yang dilakukan oleh sebuah perusahaan di Amerika pada 3000 penderita diabetes bahwa pada setiap orang yang terdiagnosa diabetes memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi di dalam tubuh. Bisa saja lemak jenuh ini memicu penyakit lainnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.


7. Sering berjalan kaki

Hasil dari penelitian di amerika mengatakan bahwa berjalan 2 kilometer sehari dapat mengurangi resiko kematian akibat diabetes. Namun untuk anda yang menjalani pencegahan olahraga rutin seperti jogging santai dipagi sudah bisa memberikan efek bagi tubuh dalam melawan penyakit gula tersebut.


8. Makan Buah Grapefruit

Mungkin banyak orang masih belum mengenai buah ini begitu juga dengan saya sendiri, buah ini termasuk golongan Jeruk. Banyak yang mengatakan bahwa Grapefruit mirip dengan jeruk bali dengan isi buah nya yang berwarna merah dan diselimuti kulit berwarna orange.

Sebuah penetian dari amerika terhadap 50 persen pasien yang mengalami obesitas diminta untuk memakan buah ini dalam 12 minggu dan membandingkan dengan orang yang tidak memakannya. Pasien yang memakan biah Grapefruit mengalami perubahan yang signifikan yaitu penurunan berat badan sebanyak 1.6 Kg karena buah ini sangat baik untuk membunuh lemak jahat. Mereka juga memiliki tingkat Insulin yang baik setelah makan, glukosa yang lebih rendah serta metabolisme tubuh yang lebih efissien.


9. Legume

Merupakan tumbuhan biji - bijian sejenis kacang - kacangan yang sangat baik untuk tubuh yang terkena diabetes dan juga bagi orang yang melakukan pencegahan. Memakan kacang - kacangan 75 gram sehari dapat membuat kadar Insulin meningkat serta menstabilkan gula dalam darah.


10. Membuat otot tubuh selalu rileks

Sebuah penelitian yang menegaskan bahwa penegangan otot tubuh 10 menit setiap hari kemudian merilekskannya dapat menurunkan kadar gula dalam darah apalagi untuk orang yang memiliki kadar darah yang tinggi di dalam tubuh.



Kesimpulan

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang sulit bahkan bisa dikatakan sulit untuk menyembuhkannya. Banyak dari penderita penyakit ini berujung dengan kematian. Obat yang pasti untuk menyembuhkannya masih belum ditemukan. Penyebab penyakit ini ialah sebagian besarnya dari pola makan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan yang mengandung pengawet, banyak mengosumsi minuman bersoda yang mengandung glukosa tinggi dan sebagainya. Stress juga memberikan dampak besar dalam terjangkitnya penyakit ini.

Namun bagi anda yang telah penyakit ini, peluang untuk sembuh masih ada, dengan menjaga kadar gula dalam darah, sering berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup akan memberikan dampak positif dalam menjaga glukosa dalam tubuh.


Demikianlah artikel ini saya paparkan, semoga bisa bermamfaat untuk anda yang ingin mencegah penyakit diabetes dengan mengontrol gula darah dalam tubuh. Terimakasih !



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon