Internet Lambat dan Lemot ? Beginilah Cara Mempercepatnya

Cara Mempercepat Internet yang Lambat dan Lemot - Sagoe Tunong
Cara mempercepat koneksi internet yang lambat dan lemot

Sagoe Tunong - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda mengenai mempercepat koneksi internet yang lambat dan lemot. Pembahasan kali ini ialah cara termudah dan singkat menurut tips yang sudah saya dapatkan dan akan membagikannya hanya untuk anda dengan free alias gratis.

Saya rasa tips ini sangat dibutuhkan bagi anda yang sangat dirugikan dengan melambatnya koneksi internet disaat zaman era digital yang tidak terpisahkan dengan internet sebagai sahabat terdekatnya. Apalagi bagi teman - teman yang sedang melakukan pekerjaan yang memerlukan koneksi internet, seperti mengirim email yang berisi file - file penting, menggunakan jasa online dalam memudahkan pekerjaan, mencari dan browsing bahan - bahan untuk keperluan kerja, dan mungkin anda sedang menghubungi orang terdekat anda untuk berkomukasi melalui internet.

Namun, jika internet lambat dan lemot apa yang akan terjadi ? semua pekerjaan penting anda tidak akan terlaksana, disaat anda sedang melakukan pengiriman berkas kerja, mengupload file - file penting ke Internet tiba - tiba koneksi internet anda melambat dan bisa saja terhenti, bagaimana perasaan anda ? Perasaan geram dan jengkel tidak dapat terhindarkan lagi. 

Bagaimanapun kita hanya hidup di negara yang serba plin plan, kita selalu tertinggal jauh dalam berbagai hal, termasuk juga dalam kecepatan koneksi internet yang hanya 1 MB/ Sec kurang lebih. Dibandingkan dengan negara Korea yang kecepatan Internetnya sampat Puluhan Megabyte dan merata dengan kualitas LTE / 4G dan sekarang merasa akan segara beralih ke 5G dan semakin maju.

Indonesia yang memiliki penduduk ratusan juta jiwa dengan dengan luas wilayah yang termasuk ke dalam 10 negara dengan wilayah terbesar di Dunia ini hanya memiliki koneksi yang lumayan lemah dan parahnya lagi tidak merata ke seluruh wilayah. Hal Inilah yang selalu membuat kita mengernyitkan dahi saat bermain dan berselancar di Internet.

Langkah Mempercepat Internet Lambat dan Lemot

Langkah Mempercepat Internet yang Lambat dan Lemot Daripada anda tenggelam dalam rasa kesal dan baper, ada baik nya anda baca dulu tips mempercepat internet yang lambat dari saya berikut ini.

  

1. Menutup Program yang terlalu banyak menghisap Bandwitch

membiarkan program yang banyak menghabiskan bandwidth juga merupakan salah satu masalah yang membuat internet anda menjadi lambat
 
Bandwitch ialah aktifitas data yang keluar masuk pada saat memulai koneksi dengan internet, semua data yang terupload dan terdownload pada saat melakukan browsing itulah yang dinamakan bandwitch. Hal yang harus anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet ialah dengan menutup aplikasi yang banyak memakan bandwitch dalam penggunaannya, seperti Skype, AIM, MSN, Aplikasi Streaming, Menonton Youtube dan lain - lain. Jika tidak diperlukan segara matikan video - video online yang tidak di tonton.

2. Hindari Membuka Banyak Tab atau Laman Baru

Banyak membuka tab atau halaman baru juga berakibat melemahnya koneksi internet, komputer, dan Web browser itu sendiri

Kebiasaan kita dalam browsing internet ialah membuka banyak halaman baru. Keinginan kita untuk membaca Informasi dari beberapa situs web, bermain facebook sambil menonton youtube, dan lama - lama keseringan anda membuka Tab baru akan berakibat melemahnya koneksi internet pada perangkat anda dan jika lebih parahnya lagi web browser akan mengalami Not Responding. Solusinya ialah bukalah halaman atau tab baru 1 sampat dengan 5 Tab, Jika ada yang sudah dilihat ataupun dibaca biasakanlah untuk menutupnya sebelum membuka halaman yang baru.

3. Matikan Outlook dan Thunderbird

Microsoft Outlock dan Thunderbird ialah salah satu aplikasi yang memakan banyak bandwidth

Sebagian dari perangkat komputer maupun laptop memiliki aplikasi bawaan seperti Outlook dan Thunderbird, langkah selanjutnya yang berguna bagi anda dalam jika internet semakin lemah dan lambat ialah menutup dan menghentikan operasinya yang bekerja di balik layar desktop ataupun hanya bisa dilihat melalui Task Manager.

4. Menata Ulang Registry Komputer Ataupun Laptop

Registry ialah bagian database yang menyimpan peraturan dari PC anda, tetapi jika anda tidak menyusunnya dengan teratur dan rapi, bisa jadi itulah yang membuat internet anda lambat saat melakukan connect. Untuk anda yang sering mengakses internet melalui PC maupun Laptop, perlu pengetahuan untuk membuka pengaturan yang menghubungkan ke Internet, karena banyak peraturan di Registry tersebut tidak terbaca yang membuat komputer anda lambat dalam mengakses dan memproses halaman web yang anda kunjungi. Solusi nya anda harus menggunakan Tools seperti Disk clean up , Disk Defragment , menghapus sampah dengan menekan %temp% pada pencarian perintah, atau anda bisa mendownload aplikasi pembersih seperti CCleaner ataupun Advance System Care yang sangat ampun untuk membersihkan sampat dan memperbaiki registry yang rusak


Baca juga :


5. Mengubah setting DNS pada Komputer

Merubah DNS server juga sangat membantu dalam mengatasai internet yang lambat dan lemot


DNS atau bisa disebut Domain Name System ternyata sangat berpengaruh terhadap koneksi Internet. Fungsinya untuk melakukan pencarian nama di komputer yang menggunakan fasilitas TCP / IP atau Transmission Control Protocol atau Internet Protocol.

Anda sebagai pemakai internet sejati harus mengetahui sedikit tentang DNS ini, mengganti konfigurasi DNS menjadi open DNS dan bisa menggunakan DNS Google cara ini lumayan ampuh untuk meningkatkan kelancaran koneksi dari sebelumnya menjadi 20 persen lebih cepat.

Untuk penggunaan Open DNS, anda bisa menggunakan langkah - langkah dibawah ini :
Buka dulu Control panel pada komputer atau laptop
kemudian Pilih Network atau Internet  => Network and Sharing Center => Local Area Connection
Pilih Properties lalu => Internet Protocol Ver.4 > Properties
Lalu Ubahlah DNS => Preferred DNS : 208.67.222.222 > Alternate 208.67.220.220
Terakhir Klik OK !

Jika anda ingin menggunakan DNS langsung dari Google, lihat caranya dibawah ini :
 Buka dulu Control panel  pada komputer atau laptop
 Pilih Network atau Internet  => Network and Sharing Center => Local Area Connection
 Pilih Properties lalu => Internet Protocol Ver.4 > Properties
Preferred DNS Server : 8.8.8.8 => Alternate DNS Server : 8.8.4.4
Simpan

6. Mengaktifkan DNS Cache

Mengaktifkan DNS Cache hampir sama bergunanya seperti pada langkah diatas, namun dalam mengaktifkannya sedikit berbeda, Lihat Langkah - Langkahnya :

  • Buka Notepad atau pencatat lainnya 
  • Copy kode dibawah ini dan Paste kan ke dalam Notepad
  • jangan Lupa simpan dengan nama dnscache.reg
  • Setelah anda simpan, anda bisa mengaktifkan DNS tersebut dengan membukanya 
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
 "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
 "CacheHashTableSize"=dword:00000180
 "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
 "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

 7. Memilih Provider yang Stabil koneksinya

Pilihlah ISP (Internet Service Provider) dengan pelayanan yang berkualitas, pilihlah dari sumber yang terpercaya, jangan mudah tergiur dengan promosi super murah, mungkin saja hanya angan - angan saja di balik iklan koneksi mudah dan cepat, ternyata semua itu hanyalah tipuan semata. Anda bisa memilih walaupun dengan harga yang relatif mahal tetapi tetap dengan sumber yg terpercaya, tentunya harga akan sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

8. Gunakan Modem dengan Spesifikasi yang memadai

Modem ini jenis modem usb yang lancung bisa di colok ke laptop dan perangkat lain yang mendukung dan membantu mengatasi internet lambat dan lemot
Modulator Demolator atau biasa disebut dengan Modem ialah sebuah perangkat eletronik yang bisa digunakan sebagai pemancar untuk menangkp sinyal untuk berkoneksi dengan Internet. Modem sekarang tidak sama dengan modem dengan keluaran dahulu, pilihlah spesifikasi yang memadai dan harga pun terjangkau.

Pilihlah Modem yang memiliki kecepatan yang cukup besar tergantung keinginan anda, setidaknya pilih yang kapasitas koneksi 256 kilobyte, itu sudah cukup untuk mendapatkan koneksi yang lumayan.

9. Menggunakan perangkat yang memiliki spesifikasi di atas standar

Spesifikasi perangkat yang bagus dapat meningkatkan kinerja koneksi internet

Perangkat yang digunakan untuk mengakses internet juga berpengaruh untuk menerima koneksi yang tidak lemot, jika perangkat seperti Smartphone, PC, Laptop, Tablet memiliki spek yang rendah seperti Ram, hardisk, Processor yang rendah, tentu akan sangat berpengaruh dengan melambatnya pemasukan data pada saat perangkat anda berselancar di Internet.

Demikianlah artikel mengenai cara menghindari dan mempercepat internet lambat dan lemot, semoga bermamfaat untuk anda yang ingin memahami dan mencari tips untuk mempercepat koneksi internet anda sehingga dapat membantu anda dalam memudahkan pekerjaan dan kegiatan lainnya, teman - teman bisa melihat video dibawah ini untuk belajar bagaimana cara mensetting DNS yang baik untuk mempercepat internet lambat dan lemot, Terimakasih






6 komentar

bener gan. apalagi di windows 8 ada beberapa aplikasi bawaan yang tanpa sepengetahuan melakukan update sendiri. sebut saja misalkan aplikasi news, outlok dll..makanya semua aplikasi bawaan tadi langsung saya hapus dan bukan cuma saya nonaktifkan.. hehe. Lagian aplikasi news dan outlook sy gak pake. Daripada bikin lemot mending dihilangkan saja. Setuju gan sama kamu yg nomor 3.

Balas

Iya gan ... Memang sebaiknya dihilangkan saja ..
kalo nggak.. tiba2 mengupdate sendiri dia.. :)

Balas

klo windows update menurut agan perlu di nonaktifkan juga ?

Balas

Kalo window update sih gak masalah ..
Itu tergantung keinginan mas aja.. Kalo mengganggu ya silahkan dimatikan.. Kadang emang mengganggu sih, karena ketika melakukan update tanpa pemberitahuan terlebih dulu, dan waktu updatenya agak lama... Bisa nguras kouta kita bung !! hehe :)

Balas

mantap bung ... Dengan mematikan window update proses cpu nya tidak sampe 100% .,.

Balas

nice post... sangat bermanfaat..

Balas

Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon