Tak Ingin Daya Baterai Cepat Menurun ? Hindari Mengecas Smartphone Seperti Ini

Sagoe Tunong -  Perbadaan zaman memungkinkan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Jika dulu Ponsel atau Handphone hanya bisa untuk telepon dan sms, sekarang penggunaan telepon genggam dapat memenuhi keinginan pengguna dalam banyak hal. Smartphone atau telepon pintar lah yang dapat melakukan semua hal tersebut.


Tak Ingin Daya Baterai Cepat Menurun ? Hindari Mengecas Smartphone Seperti Ini - Sagoe Tunong

Beragam kelebihan yang dapat dilakukan oleh smartphone meliputi Internet, Video, Music, Foto, Voice Call hingga dengan GPS yang bisa menghindari kita tersesat di jalan. Namun, banyaknya aplikasi dan kemampuan yang tertanam di dalam smartphone, membuat baterai bekerja keras dalam memberikan sumber daya yang begitu besar untuk semua aplikasi yang bekerja tersebut.

Karena pemakaian smartphone dan Mengecas yang dilakukan terus menerus, daya tahan dan umur baterai menjadi cepat habis. Pada dasarnya baterai seperti halnya makhluk hidup yang memiliki batas untuk hidup. Pada seiring waktu akan menjadi mati ataupun rusak dan tidak bisa untuk digunakan.

Nah, tugas kita disini adalah merawat baterai supaya daya tahan baterai menjadi lama. Langkah buruk apa saja yang harus dihindari ?, Sagoe Tunong  akan memberikan tips untuk para pembaca yang telah diambil dari sumber terpercaya seperti dibawah ini :

1. Hentikan Pemakaian Powerbank


Banyak orang tidak lupa membawa powerbank kemana pun mereka pergi. Karena alat ini sangat praktis, bentuknya tidak terlalu besar, dan sangat ampuh untuk mengatasi baterai yang hampir habis pada smartphone. Seiring berjalannya waktu orang - orang sudah terbiasa dengan powerbank meskipun ada kesempatan untuk mengecas smartphone melalui perangkat charger.

Namun banyak dari mereka tidak tahu bahwa kebiasaan ini membuat daya baterai dari smartphone cepat berkurang, tak seperti charger listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan listrik langsung ke smarphone dengan stabil dan seseuai spesifikasinya, apalagi powerbank tersebut kualitas dayanya lebih rendah dari spesifikasi smartphone.

Bukan hanya itu, anda harus ingat bahwa kebiasaan mengecas smartphone melalui kabel data di PC ataupun Laptop. Karena juga seperti powerbank kedua juag tidak bisa mengalirkan listrik yang seseuai dengan kemampuan smartphone dan tidak stabil. Jika anda masih melakukan kebiasaan tersebut saya sarankan untuk segera berhenti, jika tidak umur baterai anda akan semakin pendek karena selalu menerima aliran listrik dari kedua perangkan tersebut (PC dan Laptop) yang tidak sesuai dengan standar kekuatan daya smartphone.

Sekarang anda hanya bisa melakukan hal tersebut, jika anda sangat dalam keadaan darurat untuk mengecas dari komputer dan laptop.

2. Hentikan pemakaian sembarangan Charger


Perangkat Smartphone seperti android dan Tablel memiliki bentuk charger yang sama sehingga sering digunakan untuk bergantian untuk mengisi ulang daya smartphone. Padahal seperti yang telah saya sampai seperti pada uraian di atas, setiap perangkat memiliki charger dengan spesifikasi khusus yang dirancang sesuai dengan smartphone, begitu juga dalam melakukan pengisian daya yang stabil dan cocok dengan kemampuan Smartphone.
Charger perangkat tablet biasanya memiliki tegangan listrik yang lebih besar dari pada android yang memiliki ampere lebih kecil, hal tersebutlah yang lama kelamaan jika sering dilakukan akan membuat daya smartphone menjadi semakin berkurang. Jadi, sebaiknya anda jangan menggunakan charger merek lain atau yang tidak original dengan merk untuk mengisi daya smartphone anda.

3. Tidak boleh mengecas smartphone dalam waktu yang lama



Kondisi ekstrim juga berbahaya bagi kesehatan smartphone. Bagaimana yang disebut dengan kondisi ekstrim ?, meng-charging smartphone semalaman penuh dan dalam waktu yang lama sangatlah buruk bagi kinerja baterai.

Meskipun baterai seperti saat ini telah dlengapi dengan fitur Overharge Protection yang menjaga baterai saat telah di isi penuh, namun berdasarkan riset yang teah dilakukan menyebutkan bahwa, baterai bisa kualitasnya jika penuh 100 persen, cukup dengan 80 hingga 90 persen saja.

Sekarang anda memiliki pilihan sendiri jika anda tak ingin daya baterai cepat melemah sebaiknya hentika kebiasaan mengecas smartphone semalaman penuh. Dan cobalah untuk mengisi baterai tidak terlalu penuh seperti yang telah dibahas diatas untuk menjaga kesehatan baterai anda.
Baca juga :
 

4. Hindari Baterai Kosong Semalaman


Membiarkan baterai smartphone anda semalaman tanpa daya menjadi lebih buruk. Karena jika sering dilakukan akan membuat ketahanan baterai anda menjadi cepat menurun. Alasannya sangat jelas, "jika baterai benar - benar dalam keadaaan kosong, sel baterai akan "tidur" dan jika tidak cepat - cepat dibangunkan hal terburuk yang terjadi ialah kemungkinan sel tersebut kehilangan daya serap daya dari charger.


Banyak dari pembaca yang belum tahu mengenai hal ini. Jadi mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk dengan membiarkan smartphone anda kosong baterai semalaman. Berdasarkan sejumlah penelitian, saat baterai berada di bawah angka 40 persen, pada kisaran 15 sampai dengan 35 persen.

5. Jangan Berharap baterai selalu bisa digunakan selamanya

Meskipun anda sering melakukan perawatan dan kebiasaan baik untuk menjaga baterai tetap sehat. Tidak bisa dipungkiri bahwa daya baterai tiap tahun akan mengalami penurunan daya. Karena itulah baterai juga punya umur untuk aktif.

Sperti halnya manusia yang hanya bisa hidup sementara, apalagi baterai smartphone. Semua itu punya batasnya. Untuk itu jangan sedih. Bersedialah untuk membeli baterai baru kesehatan smartphone karena tips yang saya berikan hanya untuk memanjangkan umur smartphone. Namun, jika anda selalu menjaga baterai smartphone dengan baik. Maka akan membuat daya baterai akan semakin lama bertahannya, Tetapi tetap saja tidak dapat membuatnya abadi. 

Memang banyak dari smartphone keluaran terbaru tidak menyarankan opsi pengguna untuk mengganti baterai dengan mudah. Untuk itu, silahkan hubungi teknisi atau pusat layanan terdekat jika memiliki masalah dengan baterai anda.

Demikian lah artikel ini saya sajikan untuk anda yang ingin menjaga umur smartphone. Salah satunya dengan menjaga kesehatan baterai dan melakukan pergantian baterai jika daya nya tidak bisa digunakan lagi untuk smartphone kesayangan anda. Terimakasih !



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon