Munculnya DABBAH Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat

Sagoe Tunong - Apakah anda telah mengetahui tentang Munculnya Dabbah Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat ? Rasulullah telah mengabarkan kepada kita bahwa kemunculan Dabbah sebagai salah satu tanda dekatnya hari kiamat. Jika melihat penjelasan di dalam Al - Qur'an Allah telah berfirman mengenai Dabbah di dalam surat An-Naml ayat 82 yang artinya :

"Apabila perkataan telah jatuh kepada mereka, kami keluarkan seekor dabbah (binatang) dari bumi yang akan mengatakan sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin dengan ayat - ayat kami." (QS An - Naml : 82)

Rasulullah dengan tegas mengingatkan kepada kita akan kejadian ini menjelang kiamat agar kita senantiasa segera bertaubat sebelum semuanya sia - sia jika kejadian ini telah terjadi. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda bahwa tiga hal yang jika ketiga - tiganya telah terjadi maka amal dan seluruh taubat akan menjadi sia - sia. Ketiga hal tersebut ialah Dajjal, Dabbah, dan terbitnya matahari dari barat.

BACA JUGA : Beginilah Asal Usul Kota Dimana Tempat Terbunuhnya Dajjal, Mau tahu ?

Begitu juga dengan keimanan seseorang jika pada masa tersebut seseorang telah melihat kejadian seperti ketiga hal diatas, maka bisa dipastikan semua keimanan tidak akan berguna lagi kecuali keimanan yang di iman kan jauh - jauh hari sebelumnya.

Rasulullah selalu mengingatkan kepada kita sebagai umatnya akan kejadian ini seperti dalam sabdanya sebagai berikut
"Sesungguhnya tanda - tanda kiamat yang pertama kali muncul ialah terbitnya matahari dari barat, dan keluarnya binatang (Dabbah) kepada manusia di waktu dhuha. Mana saja yang lebih dulu muncul, maka yang lainnya akan terjadi dalam waktu dekat." (HR Muslim)
"Bersegeralah kalian beramal sebelum datangnya enam perkara, beliau menyebutkan salah satunya ialah Dabbah (HR.Muslim)

Apa sebenarnya Dabbah itu ?


Munculnya DABBAH Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat | Sagoe Tunong
Secara bahasa Dabbah ini berarti hewan yang keluar dari perut bumi kemudian berjalan di atas permukaan bumi, hewan ini dapat berbicara dan memberi saksi tentang tanda kiamat. (Gambar diatas hanyalah ilustrasi)


Binatang ini di namakan dabbah karena telah tersebut dan diceritakan di dalam Al - Qur'an, dan Rasulullah juga berulang kali menyebutnya di dalam hadist. Beliau menjadikan peristiwa ini sebagai peringatan untuk umatnya agar lekas segera bertaubat. Binatang ini akan terkesan aneh karena pada masa itu manusia belum pernah melihat binatang sejenis ini yang keluar dari dalam perut bumi dan jumlahnya semakin banyak.

BACA JUGA : Ilmuwan Telah Bisa Membuktikan Terbitnya Matahari Dari Barat sebagai tanda Kiamat

Setelah masa dabbah keluar dari dalam perut bumi, dia akan berbicara kepada manusia dan mengabarkan bahwa pada masa dahulu manusia masih belum yakin dengan kepada ayat dan firman Allah SWT, kemudian ia memberikan tanda pembeda bagian setiap orang Muslim dan kafir. Untuk orang beriman memiliki tanda wajah yang bercahaya, sedangkan untuk orang kafir akan memiliki tanda dibagian hidung sebagai simbol kekufurannya.

Dabbah akan keluar di mekkah dari Mesjid yang paling mulia Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dalam Majma’uz Zawaid VIII/ 7-8, dari Hudzaifah bin Asid secara marfu.


"Dabbah akan keluar dari mesjid yang terbesar, ketika mereka tengah duduk tiba - tiba bumi bergetar, dan kemudian tiba - tiba bumi menjadi terbelah".

Mengenai perihal seperti apa bentuk dabbah, banyak ulama yang memiliki pendapat yang berbeda - beda, ada yang menyebut Dabbah itu ialah Al - Jassasah yaitu bintang yang menjaga Dajjal di sebuah pulau, kemudian ada yang mengatakan dabbah itu ialah anak unta yang disapih dari unta Nabi Shalih dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Tanda Kebenaran Al - Qur'an Telah Bisa Dibuktikan Secara Ilmiah, Ini Buktinya 

Bagi kita sebagai umat muslim Al - Qur'an dan hadist dari Nabi Muhammad sudah cukup untuk menjadi petunjuk yang meyakinkan diri dan keimanan kita masing - masing. Selebihnya biar Allah yang mengkehendaki, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang tidak diketahui oleh hamba-Nya.

Demikianlah artikel mengenai Munculnya DABBAH Binatang Pembawa Pesan Tanda Kiamat semoga dari informasi ini dapat menjadi peringatan bagi kita agar lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meyakini bahwa segala sesuatu yang dijelaskan di dalam Al - Qur'an akan terbukti kebenarannya. Jangan lupa share dan beritahu teman - teman anda di media sosial dengan mengklik tombol share di samping kiri artikel dan boleh juga yang berada di bawah artikel. Wassalam



2 komentar

bila Allah SWT menginginkan maka semuanya akan terjadi termasuk kapan akan turun hari kiamat ya mas

Balas

Benar sekali Mas yanto, Bila Allah berkehendak maka Kun Fayakuun ..
Terimakasih telah main - main kesini .. :-bd

Balas

Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon