Bumi Memiliki Benua Baru Yang Terletak Dibawah Laut, Apa Benar ?

Sagoe Tunong - Pernahkah anda melihat wilayah seperti pada gambar di atas di dalam peta atau globe?, jika iya maka anda pasti tahu apa nama wilayah ini. Ya benar sekali ini adalah negara New Zealand (Selandia Baru), namun apa yang menarik sekaligus unik dari negara tersebut?

New Zealand memang sebuah negara kecil yang berada di sebelah tenggara benua Australia yang hanya terdiri dari beberapa pulau saja, namun yang perlu kamu ketahui ialah sebenarnya negara ini berdiri di atas daratan besar yang menjulang dari bawah laut sehingga terlihat seperti fondasi dari daratan negara tersebut.

Baca Juga : Negara Apa Saja Yang Di Cap Paling Jahat Di Dunia, Mau Tahu ?


zealandia benua baru yang terletak di bawah laut 


Menurut ilmuan yang telah lama meneliti bagian daratan yang tersembunyi ini mengatakan luas wilayah tersebut mencapai 4.6 kilometer persegi yang meliputi beberapa teritori, kaledonia dan kepulauan sehingga wilayah benua tersebut di beri nama Zealandia


zealandia benua baru yang terletak di bawah laut

Bruce Luyendyk seorang ahli geofisika sebenarnya telah mempunyai sebuah ide dengan memberikan nama untuk benua baru tersebut dengan istilah _Zealandia_ namun yang menarik ialah apakah daratan tersebut layak untuk memenuhi syarat untuk menjadi benua baru di bumi atau tidak ?

Berdasarkan penelitian yang telah lama dilakukan Zealandia saat ini baru memenuhi tiga syarat untuk menjadi benua yaitu mempunyai kerak dengan densitas yang lebih rendah dibandingkan lautan disekitarnya, letak daratan yang relatif tinggi dengan permukaaan laut dan memiliki keragaman bebatuan.

Kabar dari penelitian terbaru menyatakan bahwa setelah dilakukan proses pemetaan melalui satelit dan gravitasi akhirnya dapat melengkapi pernyataan sebelumnya, Nick Mortimer seorang geolog selandia baru memberikan sebuah pendapat bahwa wilayah zealandia memiliki luas yang cukup untuk dijadikan sebuah benua baru di bumi.

Zealandia diduga terpisah dari benua raksasa kuno, Gondwana, 200 juta tahun lalu.

Awalnya, seluruh bagian wilayah zealandia berada di atas permukaan laut. Namun, 85-80 juta tahun lalu, sejumlah bagian benua itu mulai tenggelam dan akhirnya kini hanya 6 persen yang berada di permukaan laut.

inilah yang sampai saat ini yang membuat zealandia tidak diresmikan menjadi sebuah benua karena masih banyak kontroversi diantara geolog.

Namun Nick Mortimer telah mengajukan sebuah makalah yang telah dipublikasikan di GSA Today yang berisi tentang pengajuan pertama mengenai Zealandia sebagai benua terbaru dibumi.

Dirinya berharap agar segera mendapatkan balasan dari pihak yang terkait dan dia ingin agar wilayah zealandia menjadi sebuah benua baru yang sebelumnya telah hilang tenggelam di dasar samudera hindia.

Baca Juga : Fakta Menarik Raja Salman Dari Hafal Qur'an Hingga Tinggalkan Obama Demi Shalat

Bagaimana menurut anda ? apakah zealandia cocok dijadikan sebuah benua baru di bumi ataukah tidak. Untuk menuntaskan rasa penasaran anda dapat mencari informasi terkait dari sumber terpercaya agar dapat menjawab apakah benar zealandia ialah sebuah benua yang hilang di samudera hindia tentu anda pasti tahu jawabannya.



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon