Mengenal Dark Web Sisi Gelap Internet Yang Tidak Bisa Diakses Sembarang Orang

Sagoe Tunong - Pernahkan anda mendengar sedikit tentang Dark Web ? mungkin banyak dari kita tidak tahu apa itu dark web, jika anda sering menonton film yang bercerita tentang hack atau peretasan mungkin anda sedikit lebih tahu mengenai hal ini.
Dark Web sebenarnya ialah sisi gelapnya internet karena di dalamnya terdapat banyak content mengenai segala sesuatu yang rahasia dan tidak boleh diketahui semua orang, bisa saja sangat berbahaya untuk di akses oleh semua orang.

Dark Web bisa dikatakan tempat bermain dan berkumpulnya para Hacker, segala sesuatu yang berbau kejahatan juga ada di sini, seperti situs - situs yang menjual produk - produk ilegal, situs penyedia jasa pembunuh bayaran, obat - obat terlarang dan masih banyak lagi seperti film Porxx menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan di dalam jaringan tersebut.



Pada dasarnya Dark Web hanyalah sebuah bagian kecil lain yang berada di dalam Deep Web (Bagian Web yang Terdalam), Jika di total secara keseluruhan data Dark Web hanya memiliki 0,3 % dari kesuluruhan data di web.

 Baca Juga : Awas ! Bahaya Menonton Film Begituan Di Smartphone Android

Jaringan internet mempunyai dua sisi yang berbeda seperti daratan dan juga lautan, jika daratan di ibaratkan sisi permukaan internet yang di dalamnya terdapat segala sesuatu yang bisa kita akses sehari - hari seperti semua data pada seacrh engine, situs sosial media dan informasi yang kita komsumsi setiap hari.

Sedangkan Deep Web merupakan sisi dalamnya jaringan internet seperti dasar laut yang mempunyai kedalaman yang tidak bisa dilihat oleh banyak orang, di dalam deep web berisi content rahasia seperti informasi keamanan negara, informasi data kepolisian, dan lain sebagainya.

Dari semua bagian sisi keseluruhan web Deep Web yang memiliki data yang paling besar, selanjutnya ada Surf Web (yang bisa kita akses) dan Dark Web.

Akhir - akhir ini Dark Web memang menjadi topik yang banyak dipikirkan dan juga dibahas orang, banyak juga yang penasaran ingin melihat bagaimana isi dari Dark Web. Namun jika anda benar - benar ingin mencobanya anda harus mempunyai persiapan yang matang, karena mengakses dark web sangat berbahaya dan beresiko terutama rentan terhadap serangan hacker.

Situs yang memiliki domain (.onion) ialah bagian dari kebanyakan situs Dark Web untuk mengaksesnya anda harus memiliki tools dan jalur khusus yang disebut dengan TOR (Jaringan TOR). Senjata yang harus anda perlukan untuk mengakses Deep Web / Dark Web ialah dengan Browser TOR kamu bisa mendownload di situs TORProject anda bisa mencari cara penggunaannya di https://jalantikus.com/tips/cara-akses-deep-web-atau-dark-net

Agar aman dari gangguan pada saat mengakses Dark Web yang harus anda lakukan ialah :


- Jangan menginput apapun yang berkaitan dengan identitas anda seperti mengisi username dan password, mendaftarkan email pribadi anda,

- Jangan mendownload apapun dari browser tor anda, karena sangat berbahaya untuk perangkat anda yang bisa saja berisi malware jahat yang bisa mengendalikan dan mencuri data penting anda.

Mungkin pada saat anda telah berada di dalam jaringan Dark Web anda akan kebingungan karena cara akses dan tampilannya sangat berbeda dengan Surf Web yang kita akses sehari - hari. Tapi sebaiknya anda jangan khawatir dengan hidden wiki anda akan menemukan situs - situs yang terdaftar di dark web termasuk situs berbahaya seperti pembunuhan, perdagangan manusia dan lain - lain.

Alamat pada situs yang berada di dark web sangat berbeda dengan situs yang biasa kita lihat, memiliki alamat yang sangat sulit dibaca yang terdiri kumpulan huruf acak yang berakhiran domain (.onion) contohnya : "jkkhnkkhhhlgj.onion" hal ini memungkinkan penyedia situs tersebut lebih mudah dalam menyembunyikan identitasnya karena jika bisa terlacak akan dikenai sanksi hukum dari pemerintah.

Baca Juga : Hati - Hati Jangan Membagikan Informasi Ini Di Facebook

Mungkin dari pembahasan ini setidaknya anda telah mengetahui sedikit mengenai dark web dan cara kerjanya. Yang perlu anda ingat ialah Dark Web berisi informasi rahasia yang tidak boleh di lihat banyak orang, Sedangkan Surf Web ialah jaringan yang bisa kita akses seperti yang sedang anda lihat sekarang dan tentu dengan informasi yang anda butuhkan dan bisa di akses dengan mudah. Semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah wawasan pembaca setia JalanTikus. Terimakasih !



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon