Sifat Berserta Karakter Ulama dan Wali Allah Yang Harus Kamu Ketahui

Sagoe Tunong - Sebagai umat muslim kita semua pasti tahu apa arti Ulama bagi kita. Ulama ialah pewaris para Nabi dan Sahabat yang meneruskan memberi dan mengajarkan kepada kita tentang Islam yang sebenar - benarnya. Ulama atau Para Wali Allah sangat berjasa kepada kita dalam meluruskan hukum - hukum tentang islam, memberi jalan keluar kepada setiap masalah yang kita alami sesuai dengan syariat islam tentunya.


Karakter dan Sifat - Sifat para Ulama dan Wali Allah


Ulama dan Wali Allah layaknya mentari yang dapat menyinari gelapnya bumi. Memberi Ilmu dan petunjuk yang sangat berguna bagi kita dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Allah sangat mencintai orang - orang yang dekat dengan Allah, yang tidak pernah lupa sedetikpun untuk mengingat-Nya. Begitulah Ulama dan Para Wali Allah yang merupakan sosok yang senantiasa mendapatkan berkah dan karunia disetiap langkah kehidupannya.

Namun, seperti yang kita ketahui Ulama yang kita sebut sebagai pemimpin memiliki perbedaan satu sama lain. Mulai dari sifat - sifat dan karakter yang sering kita lihat ketika berdakwah ataupun pada saat pengajian. Meskipun berbeda dari segi pembawaannya, sifat dan juga karakter. Tujuan mereka sama yaitu mengajak orang - orang agar senantiasa berada di jalan yang Allah ridhai.

Ternyata pembawaan sifat dan karakter ulama ataupun Wali Allah jika kita telusuri telah kita temukan di setiap zaman yang ada, yang juga telah diwarisi secara turun temurun. Untuk itu mari kita simak selengkapnya sifat dan karakter seperti apakah yang dimiliki oleh banyak kalangan ulama dan para wali Allah berikut ini.



Macam - Macam Sifat Serta Karakter Ulama dan Wali Allah


1. Karakter Tipe Umary


Jika dilihat dari nama tipenya pasti kita sudah tahu bahwa Ulama yang memiliki sifat yang seperti ini ialah cerminan dari karakter Saidina Umar Bin Khattab. Beliau ialah sosok yang memiliki pembawaan jarang senyum, mudah marah jika ada hal yang bertentangan dengan ajaran Allah. Namun dibalik itu beliau ialah sosok yang sangat di takuti dan disegani banyak orang.

Saking Takutnya kepada Umar bin Khattab r.a orang yang melihat beliau saja jadi terdiam pada saat sedang tertawa, bahkan umar bin khattab pernah juga membuat seorang ibu keguguran hanya karena takut melihat sosok Umar yang memiliki kharisma serta sangat ditakuti banyak orang.

Imam Aly kemudian menasehati Umar, "wahai Umar, kalau bisa sedikit lebih lembut dan turunkan sedikit kharismamu, Umar menjawab "Benarkah Begitu.. ??" "iya begitulah. kata Aly

Kemudian Umar bertanya "Baiklah aku akan mencoba agar menjadi lebih lembut, namun sebelum itu aku ingin kamu menjawab dengan terus terang, Apakah aku harus lebih keras di dalam Kebathilan atau Kebenaran ?" Imam Aly menjawab "tentu saja di dalam kebenaran, kalau di atas kebenaran aku saja bisa lebih keras lagi." Karakter Umar yang seperti itulah yang membuatnya sangat ditakuti oleh setan, jika beliau berjalan maka setan akan menarik diri dan memilih melewati jalan yang lain.


2. Karakter Tipe Usmany

Ulama yang bertipe seperti ini memiliki pembawaan yang sedikit berbicara namun memiliki jasa yang besar layaknya Usman Bin Affan, Beliau adalah orang yang memiliki jasa beasar di masanya dalam menegakkan kekhalifahan Islam dan meneruskan visi dan misi Islam setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Memang beliau tak banyak dibicarakan orang karena beliau lebih memilih untuk tidak melakukan segala sesuatu untuk ditunjukkan kepada banyak orang.

Kalian harus tahu bahwa salah satu jasa kepada Usman Bin Affan kepada umat Islam adalah Terkumpulnya semua isi Al-Qur'an yang telah dibukukan sehingga mudah untuk dibaca, kemudian ekonomi pada masa beliau mengalami kemajuan yang sangat pesat, banyak negeri dibebaskan, ajaran Islam semakin luas, dan juga waqaf beliau sangat banyak, bahkan sampai sekarang masih ada rekening atas nama beliau. Usman Bin Affan adalah sosok yang pemalu, karena itulah semua jasa besar beliau tidak diekspos di hadapan publik pada masa itu.


3. Karakter Tipe Ali dan Abu Bakar

Ulama yang memiliki tipe tersebut banyak diceritakan dan disukai atau jasa - jasanya yang akan selalu di ingat oleh semua umat. Banyak ulama yang memiliki karakter tipe ini. Merekalah yang selalu menyuarakan ajaran islam, dan membimbing umat ke arah yang lebih baik.


4. Karakter Tipe Mastur

Mereka adalah ulama yang memiliki sifat takut dan selalu menyerahkan diri kepada Allah SWT. Mereka sangat dekat dengan Allah bahkan mereka sendiri tidak mengetahui bahwa mereka adalah waly Allah.


5. Karakter Tipe Ahlul Jadb

Ulama yang memiliki sifat seperti ini ialah Wali yang spesial di mata Allah dan Manusia. Bahkan banyak orang menyebutkan dengan Ulama yang memiliki keistimewaan (Karomah). Mereka tidak lagi hidup seperti manusia biasa tingkat mereka jauh lebih tinggi derajatnya di hadapan Allah.

Perjalanan rohani mereka di atas rata - rata, mereka dapat melakukan hal yang diluar nalar manusia. Semua adalah rahasia Allah. Mereka adalah orang - orang yang terpilih untuk menjadi wali Allah.

Pada Zaman ini sangat sedikit dari Ulama yang memiliki Karakter tipe ini, mungkin allah menyayangi mereka dan memisahkan mereka dari kehidupan yang di penuhi kejahatan dan cinta dunia.


Semua ulama memiliki tipe dan tugasnya masing - masing walaupun di mata manusia mereka tidak di anggap dan dihargai, namun di mata Allah mereka adalah orang - orang yang mulia dan terpilih untuk membimbing Islam dan meneruskan wasiat Nabi Muhammad sampai akhir zaman nanti.



1 komentar:

Mudah-mudahan kita semua selalu diberikan Pemimpin yang adil merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah bagi umat manusia. Melalui dia, Allah melimpahkan kebaikan dan keberkahan sebagaimana yang terjadi pada zaman Khulafa' Rasyidin dan Umar bin Abdul Aziz radhiyallahu 'anhum. Amien

Balas

Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon