Suka Main Facebook, Ini dia 5 Fakta Meresahkan Tentang Facebook

Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar dan juga termasuk situs web yang paling banyak di akses orang di seluruh dunia. Lebih dari milyaran pengguna yang mengakses situs yang dibuat oleh Mark Zukerberg ini setiap harinya.

Namun yang banyak orang tidak tahu adalah berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat segala hal bisa di akses dengan mudah di dunia maya. Semakin orang ingin mengetahui tentang facebook, semakin pula mudah nya bagi facebook lebih mudah untuk mengetahui segala data informasi penting si penggunanya.


5 Fakta Meresahkan Tentang Facebook



Yang membuat Facebook bisa meresahkan penggunanya ialah dengan jumlah penggunanya yang begitu banyak, tidak terhitung lagi berapa data pribadi dari akun yang disimpan oleh facebook dari penggunanya. Namun yang tidak pasti ialah apakah facebook tetap menjaga data tersebut atau memanfaatkannya untuk keuntungan mereka sendiri ? simak lebih lengkapnya pembahasan berikut ini.


Fakta Yang Membuat Facebook Bisa Membahayakan Penggunanya


1. Pengecekan dan Pengenalan Wajah Pengguna Melalui Foto Profil


Selain menerima dan menyimpan data pengguna facebook, situs besutan Mark Zukerberg bisa menidentifikasi seseorang melalui wajah dari foto yang telah di upload. Facebook memiliki sebuah algoritma bot yang bisa menyesuaikan pola yang kecocokan raut wajah dengan foto kamu.

Algoritma ini banyak yang meyakini memiliki keakuratan sekitar 98 %, di setiap foto yang kita unggah ke media sosial facebook bisa melakukan pencocokan yang semakin akurat. Dan bahaya yang bisa ditimbulkan facebook ialah jika disalah gunakan bisa saja informasi penting yang ada di profil akun Facebook bisa dijual dan disalahgunakan oleh pihak yang bisa saja melakukan kejahatan terhadap kita sendiri.


2. Facebook Bisa Menjual Data Pribadi Pengguna

5 Fakta Meresahkan Tentang Facebook


Facebook memang menjamin keamanan data akun pengguna, akan tetapi untuk kepentingan bisnis dan keuntungan perusahaan Facebook sanggup memberikan data rahasia hingga memata - matai aktifitas pengguna dan menjual informasi tersebut. Sebagai contoh fakta facebook bisa membahayakan data pengguna dengan menjual informasi ke Mastercard agar dapat mengetahui bagaimana keinginan pengguna terhadap suatu produk, dan akhirnya bisa mendongkrak penjualan online mereka sendiri.


Baca Juga : Rayzone Israel Ciptakan Aplikasi Untuk Memata - Matai Musuh


Informasi tersebut memang benar adanya dan facebook dengan santai berani bermain di belakang layar untuk keuntungannya sendiri dan merugikan pengguna dengan membeberkan informasi ke pihak lain. Untuk hal itu facebook berani, apalagi hal lainnya yang mungkin telah banyak mereka lakukan namun bisa saja tanpa kita ketahui tentunya.


3. Facebook Bisa Membuat Seseorang Semakin Kesepian dan Jenuh

5 Fakta Meresahkan Tentang Facebook


Facebook memang memiliki banyak manfaat bagi banyak orang dalam hal yang positif, namun hal yang negatif bisa saja di dapatkan dari facebook jika pengguna salah dalam memanfaatkannya. Dengan facebook kita bisa terhubung dan berkomunikasi dengan banyak orang. Informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui facebook karena facebook memiliki banyak user yang selalu mengupgrade status informasi di setiap detik dari berbagai pelosok muka bumi.

Namun karena mudahnya berhubungan dengan banyak orang di dunia maya dengan online di facebook. Banyak orang yang terganggu psikologisnya karena mengganggap di dunia maya kehidupan terlihat lebih mudah dengan banyak teman dan orang - orang yang bisa kita ajak ngobrol. Namun yang terjadi pada dunia nyata adalah sebaliknya.

Banyak anak jaman sekarang (Kids Zaman Now) menggunakan facebook sebagai media untuk catatan hariannya, tempat berkeluh kesah, curhat dan lain sebagainya. Efek samping dari mabuknya seseorang di dunia maya adalah pada saat menjalani kehidupan nyata sehari - hari hilangnya gairah dan tidak bisa lagi berhubungan dengan orang - orang disekitarnya secara langsung dan akhirnya momok menakutkan yang harus dia jalani.


Baca Juga : Inilah Efek Yang Dirasakan Ketika Jatuh Cinta


Kemudian rasa frustasi akan muncul karena dia menyadari di dunia nyata kenyataannya sangat berbeda dengan dunia maya. Sering kita lihat orang yang ingin bunuh diri membuat sebuah status di facebook sambil menceritakan masalahnya, kemudian mengupload dirinya sedang melakukan persiapan bunuh diri karena sudah frustasi dengan masalah yg dihadapinya. Dan dari contoh itulah kita dapat melihat bahwa orang tersebut seperti tidak lagi mempunyai tempat di dunia nyata karena mentalnya yang semakin lama semakin jauh dari kata normal. 


4. Facebook Bisa Tahu Dimana Tempatmu Ketika Sedang Online

Salah satunya melalui fitur yang tersedia di Facebook Messenger pada saat kamu online lokasi tempat kamu berada bisa dilihat dari fitur yang ada di messenger. Memang kamu bisa mematikan fiutr tersebut, namun itu tidak menghalangi facebook untuk mematai aktifitasmu ketika online bukan?


5. Facebook Lebih Tahu Tentang Kamu Daripada Kamu Sendiri, Bagaimana Bisa ?

5 Fakta Meresahkan Tentang Facebook


Setiap kamu mengupdate status di Facebook, Facebook mencatatnya dan menyimpan semua informasi tersebut sampai kapanpun dengan fitur News Feed facebook semua informasi yang kita tulis setiap harinya akan dihimpun oleh facebook untuk menemukan karakter kamu yang sebenarnya.
Minat yang kamu sukai, hiburan favoritmu akan dihimpun hingga menemukan konten yang sesuai dengan selera dan minatmu hingga facebook akan menargetkan iklan berdasarkan topik yang kamu sukai tertera di layar beranda facebook kamu. Intinya Facebook lebih tahu apa yang kamu cari bukan?




Bagaimana pembahasan di atas menarik bukan? semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu di manapun kamu berada, Facebook memang memiliki banyak manfaat positif namun facebook bisa menjadi lumbung kejahatan jika seseorang menyalahgunakannya. Namun setidaknya kita tahu fakta yang meresahkan mengenai facebook, dengan fakta yang cukup meresahkan ini membuat kita selalu waspada terhadap kemungkinan terjadi kejahatan terhadap kita di dunia maya. Terimakasih ! 



Berkomentarlah dengan sopan, kami sangat menghargai komentar anda untuk membantu pengembangan website kami. Anda harus mengikuti prosedur dari kami dalam berkomentar. Mohon maaf jangan membuang2 waktu anda dgn mensubmit link2 hidup di situs kami, karena kami tidak akan menampilkannya.

1. Dilarang Spamming
2. Komentar yg mengandung link aktif akan tidak akan ditampilkan
3. Komentar harus sesuai dengan topik dan relevan

Terimakasih atas kunjungannya di Website Sagoe Tunong

Emoticon